5 Rekomendasi Perusahaan Penyedia Layanan Cloud Computing di Tahun 2022

Cloud Computing | Sumber: Pixabay


#DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik

Istilah Cloud Computing sudah sangat familiar di era digital saat ini. Cloud Computing atau biasa kita kenal komputasi awan ini adalah sebuah teknologi penyimpanan data secara virtual dimana penggunanya dapat menyimpan dan mengakses data kapanpun dan dimanapun. Cloud Computing menyediakan layanan seperti penyimpanan, database, jaringan internet untuk menyediakan sumber daya yang lebih cepat, inovatif, dan fleksibel kepada penggunanya. Pengguna hanya perlu membayar untuk sumber daya yang mereka gunakan sehingga membantu mereka menurunkan biaya operasional dan menjalankan infrastruktur bisnis mereka dengan lebih efisien.

Dalam dunia bisnis, banyak perusahaan khususnya perusahaan yang menerapkan sistem remote menggunakan Cloud Computing untuk memudahkan pekerjaan mereka. Dengan Cloud Computing perusahaan dapat menyediakan akses yang lebih baik ke tim dengan jarak jauh sehingga biaya pengoperasian menjadi lebih murah. Cloud Computing juga dapat membantu perusahaan Startup dalam mengembangkan sebuah teknologi karena dirasa lebih efisien, lebih aman, dan lebih kolaboratif. Berikut adalah 5 rekomendasi perusahaan penyedia layanan Cloud Computing di tahun 2022.

Amazon Web Services

Pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama Amazon. Amazon memiliki julukan raksasa E-commerce di dunia yang didirikan pertama kali oleh Jeff Bezos. Tidak hanya layanan E-commercenya yang terkenal dan terbesar di dunia, Amazon juga memiliki layanan Cloud Computing bernama Amazon Web Services (AWS). Amazon Web Services menawarkan solusi yang cepat, fleksibel, dan hemat biaya. Amazon Web Services adalah platform penyedia layanan Cloud Computing terbesar dan terpercaya yang menawarkan layanan dalam bentuk blok bangunan dimana dapat digunakan untuk membuat dan menyebarkan segala jenis aplikasi di cloud. Amazon Web Services cukup paling populer di dunia bisnis khususnya Startup karena merupakan platform pertama yang mengembangkan layanan Cloud Computing. Beberapa kemudahan menggunakan AWS adalah proses pendaftaran yang mudah, penyebaran cepat, pengelolaan yang mudah untuk menambah atau menghapus kapasitas, akses ke kapasitas tak terbatas secara efektif, penagihan dan manajemen terpusat. Amazon Web Services adalah salah satu perusahaan cloud yang menawarkan kemampuan Cloud Computing secara hybrid.

Microsoft Azure

Microsoft Azure berada di urutan kedua setelah Amazon Web Services. Microsoft Azure naik peringkat dengan cepat karena memindahkan software lokal mereka seperti Microsoft Office, Sharepoint ke Cloud. Microsoft Azure adalah platform Cloud Computing yang diluncurkan oleh Microsoft pada bulan Februari 2010. Microsoft adalah perusahaan yang menyediakan aplikasi pengelola data, angka, gambar dan masih banyak lagi. Hampir orang didunia telah menggunakan Microsoft Office dalam pekerjaan sehari-hari mereka. Dengan adanya Microsoft Azure, tentu saja akan lebih memudahkan pengguna untuk menyimpan file-file kerja mereka. Microsoft Azure menyediakan layanan cloud computing yang fleksibel dimana dapat membantu dalam pengembangan, penyimpanan data, manajemen layanan & solusi hosting. Microsoft Azure adalah salah satu cloud yang cukup mudah untuk dikelola begitu sudah terpasang karena langsung terhubung oleh softwere-softwere lokal mereka. Beberapa keunggulan Microsoft Azure adalah Memberikan skalabilitas, fleksibilitas, efektivitas biaya, konsistensi di seluruh cloud dengan alat dan sumber yang sudah dikenal, meningkatkan dan menurunkan sumber daya TI (Teknologi Informasi) sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Google Cloud Platform

Siapa sih yang gak tau Google, perusahaan teknologi terbesar dan terkenal dengan mesin pencariannya. Sama halnya dengan Amazon Web Services dan Microsoft Azure, Google juga memiliki layanan Cloud Computing bernama Google Cloud Platform (GCP). Platform ini menyediakan berbagai layanan seperti komputasi, penyimpanan, jaringan, Big Data, dan banyak lagi yang berjalan pada infrastruktur yang sama yang digunakan Google secara internal untuk pengguna seperti Google Search dan YouTube. Google Cloud Platform adalah opsi yang bagus untuk organisasi atau perusahaan-perusahaan besar karena mereka benar-benar mengembangkan standar kubernetes yang sekarang digunakan oleh penyedia cloud lain. Ada juga dokumentasi yang bagus untuk platform dan API ( Application Programming Interface), yang tersedia dalam berbagai bahasa. API adalah suatu software yang berfungsi menghubungkan suatu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Dengan GCP, pelanggan dapat mengakses sumber daya komputer yang disimpan di pusat data Google di seluruh dunia secara gratis atau berdasarkan pembayaran per penggunaan. 

Alibaba Cloud

Alibaba adalah salah satu raksasa e-commerce yang didirikan oleh Jack Ma pada tahun 1999. pada tahun 2009 Alibaba mencoba mengembangkan bisnisnya dengan menyediakan layanan komputasi Awan bernama Alibaba Cloud. Alibaba Cloud juga dinobatkan sebaagai perusahaan penyedia layanan Cloud Computing terbesar di Cina dan di Asia Pasifik. Alibaba Cloud telah menjadi pesaing besar bagi Amazon Web Services, Microsoft Azure, dan Google Cloud Platform. Awalnya, Alibaba Cloud hanya tersedia melalui platform pribadi, tetapi sekarang tersedia untuk layanan berbasis cloud publik seperti Elastic Computing, Storage, Content Delivery Networks (CDN), Networking, Domains, Websites, Analisis dan Teknologi Data, Layanan Aplikasi, Layanan Media, Middleware, Komunikasi Cloud, Internet of Things, Layanan Database, Keamanan, Pemantauan dan Manajemen. Alibaba juga memiliki kemampuan kecerdasan buatan untuk pengenalan gambar dan video, yang dapat memanfaatkan layanan penyimpanannya. Saat ini, Alibaba Cloud mengoperasikan pusat data di 24 wilayah dan 74 zona ketersediaan di seluruh dunia.

Oracle Cloud Infrastructure

Oracle Cloud Infrastructure (OCI) adalah salah satu raksasa penyedia layanan Cloud Computing yang didirikan oleh Lawrence Joseph Ellison. Oracle Cloud Infrastructure merupakan platform yang kuat dan memiliki banyak fitur. Layanan Oracle sangat kuat dalam mendukung beban kerja yang berbeda, terutama untuk IoT, OLTP, layanan mikro, aplikasi yang bergantung pada AI dan pembelajaran mesin. Ada dua ketentuan layanan utama yang tersedia yaitu arsitektur cloud dan data penyimpanan. Arsitektur cloud mencakup manajemen data, database, dan aplikasi, sedangkan Oracle Data Cloud untuk mendorong analitik Big Data untuk wawasan intelijen bisnis. Oracle juga menyediakan berbagai platform SaaS (Software as a Service) seperti HCM, EPM, SCM, dan alat media sosial. Oracle Cloud Infrastructure membantu pengguna untuk membangun aplikasi baru, memperluas aplikasi yang sudah ada, dan dengan mudah memindahkan beban kerja ke cloud tanpa perlu mengubah aplikasi. Layanan ini didesain untuk memaksimalkan pengalaman pengguna dan produktivitas yang memungkinkan developer untuk mengatur dan menganalisa data, membangun, menguji, dan menerapkan aplikasi dengan cepat.

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

X

Tekan ESC untuk keluar