5 Aktivitas Selain Magang di Masa Pandemi yang Membuatmu Siap Memasuki Dunia Kerja

Foto dari unblast.com


#WritingCompetitionDigitalBisa #DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik 

Sudah hampir dua tahun ini kita belajar dan bekerja secara daring #DiRumahAja. Hal ini kemudian menimbulkan kesulitan tersendiri, khususnya bagi mahasiswa semester akhir yang ingin memperkaya pengalaman dan portolionya untuk persiapan memasuki dunia kerja.

Tapi ternyata, selain magang, kamu juga masih bisa menjadi outstanding di mata recruiter. Apalagi di era digital saat ini, dimana banyak hal bisa dilakukan tanpa tatap muka secara langsung.

Jika kamu adalah mahasiswa yang merasa masih kurang memiliki pengalaman, ingin mendapatkan achievement untuk dimasukkan di Portofoliomu, atau hanya sekedar ingin menghabiskan waktu untuk hal bermanfaat, yuk cek daftar berikut ini.

1. Menulis

Sumber: pixabay.com

Untuk kamu yang gemar menulis, kamu bisa memanfaatkan kemampuanmu ini untuk memperkaya Portofolio kamu. Menulis artikel di blog pribadi, menulis thread di Twitter atau sekedar menulis cerita fiksi seperti Alternate Universe bisa menjadi awalan yang bagus bagi kamu yang ingin bekerja di bidang writing seperti Content Writer, Copywriter, Jurnalis, penulis skrip, dan lainnya.

Jika kamu memiliki blog pribadi, terus kembangkanlah blog tersebut karena kemampuan menulis dan mengelolanya akan menjadi nilai plus tersendiri di mata recruiter. Apalagi jika blog kamu bisa berada di halaman pertama Search Engine Result Pages (SERPs).

Menulis thread di Twitter juga tak kalah bagusnya, lho. Jika thread yang kamu tulis memiliki retweet, share, dan likes yang banyak, ini bisa menjadi sebuah gambaran bagaimana kamu melakukan branding terhadap dirimu. Dari sana, kamu bisa saja diajak bekerja sama dengan sebuah brand untuk menulis thread promosi tentang produk mereka. Menarik, bukan?

Menulis cerita fiksi juga bisa menjadi peluangmu untuk menjadi penulis buku, lho! Karena, banyak sekali author-author yang karyanya populer dan akhirnya dipinang oleh penerbit.

2. Kursus Online

Kursus online dengan media tatap muka secara daring. Foto oleh Katerina Holmes dari Pexels

Jika kamu memiliki waktu luang yang cukup banyak, tidak ada tugas yang menumpuk, atau mulai memasuki waktu libur kuliah, cobalah untuk mengikuti kursus daring.

Saat ini, banyak sekali platform digital yang menyediakan kursus-kursus gratis hingga berbayar secara daring dengan berbagai pilihan bidang, mulai dari bahasa asing, digital marketingadvertising, vlogging, dan lain-lain. 

Salah satu platform yang menyediakan kursus dengan serifikat yang bisa dimasukkan ke Portofolio adalah RevoU dan Google Skillshop.

3. Volunteering

Di masa pandemi seperti ini, volunteering tidak hanya bisa dilakukan oleh tenaga medis atau orang-orang yang memiliki keahlian di bidang tersebut, lho. 

Saat ini, banyak sekali komunitas, asosiasi, bahkan perusahaan yang mengadakan webinar atau kegiatan secara daring yang memerlukan volunteer baru di luar institusi mereka.

Beberapa di antaranya adalah berikut ini.

Sumber: www.instagram.com/esgi_ai/ 
Sumber: www.instagram.com/bagiin.buku/

Jika kamu tertarik untuk menjadi volunteer kamu bisa cek daftar lowongan volunteering di akun Instagram idvolunteering.

4. Gabung Organisasi

Sumber: pixabay.com

Bagi kamu yang merupakan mahasiswa baru, jangan ragu untuk mengikuti organisasi di kampusmu. Pengalaman organisasi di kampus akan menjadi hal yang akan diamati oleh recruiter, dan kamu juga bisa mendapat skill seperti team work, creative thinking, public speaking, dan lain-lain dari sana.

Tidak harus organisasi di dalam kampus, kamu juga bisa mengikuti organisasi di luar kampus, seperti komunitas. Komunitas lingkungan, hobi, belajar bahasa, apapun bentuknya, selain bisa menambah koneksi baru, kamu juga bisa belajar keorganisasian di sana.

5. Ikut Kompetisi

Sumber: pixabay.com

Untuk kamu yang berjiwa kompetitif, aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk memperkaya CV dan Portofolio kamu adalah mengikuti kompetisi. Kompetisi menulis jurnal, cerita pendek, artikel, membuat design, fotografi, apapun itu, ikutilah.

Jika kamu menang, prestasi yang kamu raih bisa menjadi nilai tambahmu dan pertimbangan recruiter dalam merekrutmu. Namun, jika belum beruntung, setidaknya pengalamanmu dapat menjadi pelajaran dan pengalaman berharga bagi kamu. 

Tertarik mengikuti kompetisi? Cek daftar kompetisi untuk mahasiswa di akun Instagram kompetisimahasiswa. Atau jika kamu senang menulis, kamu boleh sekali ikut Writing Competition Digitalbisa.id by Telkom Indonesia. Kamu bisa cek informasi selengkapnya di sini.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu aktivitas apa saja yang bisa kamu lakukan untuk siap memasuki dunia kerja. Kamu juga tidak perlu khawatir lulus tanpa pengalaman dan skill apapun. 

Tapi, dari aktivitas-aktivitas tersebut, kamu tidak perlu melakukan semuanya sekaligus jika itu membebanimu. Lakukanlah aktivitas yang kamu suka dan jangan membandingkan diri kamu dengan orang lain. Karena yang paling penting adalah kamu menikmati hal yang kamu lakukan tersebut. Selamat dan semangat mengejar impianmu!

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar